7 Langkah Praktis, Mudah Menggunakan Absensi

Beberapa pengguna baru produk absensi kadang masih bingung menggunakan produk yang dibelinya. Tragisnya, beberapa distributor tidak menyediakan tim teknis atau customer support yang membantu instalasi dan training produk. Oleh karena itu sebelum Anda membeli produk  silahkan membaca tips dari kami mengenai bagaimana memilih produk absensi terbaik. Jika Anda pengguna Fingerspot don’t be confused. Karena Produk Fingerspot suah disertakan buku manual mengenai instalasi mesin dan penggunaan software absensi. Berikut ini sedikit rahasia cara mudah menggunakan absensi sidik jari yang kami lansir dari perusahaan yang memegang brand biometric tersebut:

1. Registrasi Sidik Jari Karyawan
Registrasi atau pendaftaran sidik jari merupakan proses yang menentukan dalam keberlangsungan proses absensi karyawan. Proses ini harus dilakukan dengan benar khususnya penempatan jari saat pendaftaran pada mesin. Berikut ini cara penempatan sidik jariyang benar:

cara registrasi jari yang benar

Letakkan jari Anda tepat pada tengah sensor dengan sedikit ditekan agar seluruh sidik jari Anda dapat terbaca.

 

 

 

Cara registrasi sidik jari yang salah:

cara-registrasi-jari-salah

Untuk registrasi jari kami menyarankan meregistrasi lebih dari 1 jari. Atau memberikan jari backup. Hal ini perlu dilakukan untuk menanggulangi masalah ketika  jari utama tidak bisa digunakan untuk scan absensi.

Dalam Registrasi karyawan tidak perlu  harus berurutan, yang terpenting setiap No. ID karyawan sesuai dengan nama karyawan yang nantinya akan digunakan pada Software Absensi.

2. Download Data dan Sidik Jari Karyawan
Untuk membackup data sidik jari dan memberikan Nama  Karyawan agar muncul pada mesin selanjutnya silahkan mendownload sidik jari dan data karyawan dari mesin absen ke software. Sebelum mendownload tentu saja kondisi mesin dengan software absensi Fingerspot harus terkoneksi.

Kemudian dilanjutkan mengubah data karyawan dengan mememberikan nama karyawan sesuai dengan No. ID Karyawan saat registrasi.

3. Upload Data Karyawan
Untuk mensinkronisasi data, setelah menginputkan nama karyawan pada software silahkan mengupload Data Karyawan. Dengan sistem ini kita bisa memastikan kebenaran sidik jari yang digunakan karyawan sensuai dengan karyawn yang bersangkutan.

4. Mengatur Jam Kerja
Sembari karyawan melakukan scan absensi setiap hari. Kita bisa mengatur Jam Kerja dan Jadwal Karyawan yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan laporan. Pengaturan Jam kerja ini disesuaikan dengan Jam kerja secara umum yang digunakan di perusahaan. Beberapa perusahaan menggunakan sistem jam kerja reguler/normal dan multi shift. Namun juga ada kemungkinan dengan jam kerja yang tidak bisa ditentukan.

5. Mengatur Jadwal Karyawan
Mengatur Jadwal Karyawan digunakan untuk mengatur penempatan jadwal sesuai masing-masing karyawan atau departemen. Hal ini sering dilupakan oleh administrator software absensi.

6. Download Data Presensi
Ketika kita membutuhkan laporan absensi, hal yang paling penting pertama adalah mendownload data presensi pada mesin ke software. Karena kita tidak bisa melihat data absensi dari mesin tanpa didownload dari mesin.

Untuk mendownload data absensi dari mesin bisa menggunakan keneksi kabel LAN, USB RS 232 atau
Flasdisk sesuai dengan fiturnya.

7. Kalkulasi Laporan

Setelah semua proses dilakukan, proses terakhir membuat Laporan Absensi. Dalam hal ini kita cukup mengatur departemen, nama karyawan dan rentang waktu yang akan dibuat laporan. Untuk membuat laporan software absensi pada umumnya sudah dilengkapi dengan pengaturan rentang waktu laporan, bisa diatur sesuai dengan kebutuhan jangka waktu laporan. bisa diatur harian, mingguan, bulanan  bahkan tahunan.

Demikian sedikit tutorial praktis cara menggunakan absensi dengan mudah. Untuk lebih detailnya anda bisa menghubungi team teknis atau team support yang siap membantu di website official produk yang Anda gunakan, misalnya www.fingerspot.com

Selamat mencoba..

Baca Juga: